Guru yang Mengubah Sejarah Menjadi Cermin


Sebagian orang cenderung untuk memilih tokoh terkenal jika mereka ditanyakan tentang seseorang yang dikagumi. Memilih selebriti, negarawan, ilmuwan dan tokoh masyhur dari berbagai bidang lainnya sebagai individu yang dikagumi tentu tidak salah. Tapi kecenderungan itu bisa membuat pilihan kita keliru, terutama jika pengenalan kita tentang tokoh terkenal itu sangat terbatas. Kecenderungan itu juga bisa membuat kita mengabaikan orang-orang hebat yang patut dihargai di sekitar kita. Dalam esai ini saya memaparkan kualitas salah satu guru saya, yang membuatnya menjadi tokoh istimewa bagi saya. Sejak sekolah dasar, puluhan guru sudah mendidik saya. Tentu saya menghormati mereka semua. Tapi Pak Tigor merupakan figur istimewa bagi saya karena integritas, dedikasi, dan keluasan wawasannya.

Pak Tigor mengajarkan Sejarah ketika saya belajar di sekolah menengah pertama(SMP). Salah satu karakter Pak Tigor yang mengesankan adalah kesamaan antara ucapan dan perbuatannya. Seacara bercanda, kami sesekali memanggilnya menjadi Pak Integritas, karena nama kecilnya, “Tigor” bermakna “lurus”, masih terkait dengan makna “integritas”.   Suatu hari, sesuai dengan rencana yang sudah kami susun dua bulan sebelumnya, kelas saya mengadakan studi lapangan sejarah ke sebuah candi yag berjarak sekitar 120 kilometer dari sekolah kami. Sangat  mengherankan, Pak Tigor yang biasanya disiplin waktu pada hari itu tiba terlambat 10 menit dari waktu yang ditentukan di tempat parkir bis yang akan kami tumpangi. Dengan sungguh-sungguh, Pak Tigor meminta maaf kepada kami, walaupun menurut kami hal itu tidak perlu dilakukannya. Seperti biasa, dengan penuh semangat, dan seolah-olah tanpa beban pikiran apapun, Pak Tigor mendampingi dan membimbing kami selama melakukan studi lapangan. Keesokan harinya, barulah kami mengetahui bahwa putri bungsu Pak Tigor diopname di rumah sakit sejak subuh ketika kami akan melakukan studi lapangan. Rupanya beliau terlambat karena harus menyelesaikan urusan di rumah sakit.

Pak Tigor juga merupakan pendidik berdedikasi. Selain sangat menguasai mata pelajaran yang diampunya, beliau … (untuk melanjutkan membaca, silahkan klick di sini). …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s