Pemicu Kecanduan “Chatting” di Media Sosial


Pernahkah Anda merasa  kecanduan chatting melalui WhatsAp, Facebook, twitter, email atau SMS? Pernahkah Anda merasa tidak mampu menunda untuk membaca pesan di media sosial (medsos) ketika melihat ada pesan di kotak masuk medsos Anda? Pernahkah Anda dengan sadar menunda  pekerjaan demi chatting? Jika Anda pernah mengalami fenomena tersebut, maka Anda sedang dilanda pengaruh kuat dopamin. Esai ini membahas hakikat dopamin, bagaimana zat itu membentuk kecanduan chatting, dan solusi apa yang dapat dilakukan untuk membebaskan diri dari kecanduan tersebut.

Dopamine adalah zat kimia yang berperan sebagai neurotransmitter atau pengirim sinyal dari otak ke bagian vital tubuh lainnya melalui syaraf. Dopamine “ditemukan” pada tahun 1958 oleh Arvid Carlsson dan Nils-Ake Hillarp di National Heart Institute of Swedia. Diproduksi di berbagai bagian otak, zat ini berperan sangat penting dalam segala macam fungsi otak, termasuk berpikir, bergerak, tidur, menentukan suasana hati, serta pemuasan hasrat dan keinginan.

Salah satu fungsi dopamine adalah mendorong Anda untuk menemukan sesuatu yang membuat Anda senang. Faktor yang pembuat kesenangan sangat beragam, mulai dari pemenuhan kebutuhan primer (makan dan minum) hingga pemenuhan kebutuhan sekunder dan tertier.  Faktor tersebut juga bisa berbentuk kebutuhan  fisik atau abstrak. Contoh kebutuhan yang abstrak adalah pemenuhan rasa dicintai, dihargai atau ingin tahu dan rasa senang.

Dalam proses pencarian dan pencapaian kesenangan, dopamine dan opoid, zat kimia yang mengatur sistem penerimaan rasa sakit, rasa senang, dan perilaku adiktif di otak dengan bagian tubuh yang terkait dengan perasaan-perasaan tersebut, saling melengkapi. Menurut Berridge dan Robinson, dopamin memicu dan mendorong Anda bertindak untuk mencapai … (untuk melanjutkan membaca, silahkan klik di sini). …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s