Pilihan Guru Abad-21: Memanfaatkan Teknologi atau Dikalahkan Teknologi


Merasuknya teknologi ke dalam semua ranah kehidupan saat ini telah membuat manusia akan kesulitan hidup tanpa teknologi. Kemanapun pandangan diarahkan, orang melibatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sewaktu beraktivitas, bekerja, berkomunikasi, bersosialisasi, mengakses berita atau menikmati hiburan. TIK bahkan telah merasuk begitu massif ke dalam pembelajaran. Saat ini para pelajar di hampir semua jenjang pendidikan lebih cenderung memperoleh informasi dari gadget dibandingkan dari buku teks. Mereka juga lebih suka membuat dan menyerahkan tugas secara online. Bagi pelajar saat ini, kehidupan tanpa TIK  merupakan kehidupan abnormal!. Oleh karena itu, untuk menyelenggarakan pembelajaran yang efektif bagi mereka, guru perlu memanfaatkan TIK sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus  media pengembangan  kompetensi. Esai ini memaparkan empat manfaat penggunaan TIK dalam pembelajaran untuk memperlihatkan mengapa guru wajib menggunakannya.

Pertama, TIK sangat efektif digunakan sebagai sarana bagi guru untuk menyiapkan, menyediakan dan mengembangkan konten pembelajaran. Salah tugas utama guru adalah menyediakan konten (informasi, data, dan kemahiran) berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Dengan teknologi, tugas ini dapat dilakukan secara efektif, karea guru tidak perlu lagi menulis dan menyusun materi pembelajaran. Guru juga tidak perlu repot menyiapkan ilustrasi atau media. Hampir semua konten akademis dan media pembelajaran telah tersedia dalam berbagai bentuk (teks, gambar, audio, video) dan dapat diakses dengan mudah dan gratis di jaringan internet. Di pihak lain, siswa dapat mengakses konten itu kapan saja dan dari mana saja.

Tugas evaluasi dan pemberian umpan balik, juga dapat dilakukan secara efektif dengan menggunakan teknologi. Dengan TIK, evaluasi dapat dibuat dalam bentuk kuis yang variatif maupun dalam bentuk esai melalui google docs. Hasil evaluasi … (untuk melanjtkan membaca, silahkan klik di sini). ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s