Scribo ergo sum (Aku menulis, maka aku ada)


Judul esai ini mungkin mengingatkan Anda kepada Rene Descartes. Judul itu memang saya adopsi dari cogito ergo sum, ungkapan terkenal dari filsuf Prancis yang hidup pada Abad ke-17 tersebut. Melalui ungkapan yang bermakna “I think, therefore I exist” atau “I think, therefore I am” (Aku berpikir, maka aku ada) tersebut, kelihatannya Descartes igin menekankan pentingnya aktivitas berpikir, karena kesadaran, pemahaman, dan pengetahuan hanya dapat diperoleh melalui aktivitas berpikir. Bagi Descartes, hanya orang yang berpikir yang bisa menyadari bahwa dia ada (eksis). Sebaliknya, orang yang tidak berpikir tidak pernah sadar bahwa dia eksis. Dengan menggantikan kata cogito menjadi scribo (menulis) pada judul esai ini, saya ingin memperlihatkan keterkaitan dan sinergitas antara menulis dan berpikir. Kedua aktivitas itu sinegetik karena menulis pada hakikatnya merupakan salah satu sarana dan sekaligus proses berpikir.

Sebagian orang memandang menulis sebagai aktivitas menyampaikan pesan, gagasan, atau perasaan melalui simbol tertulis. Meskipun tidak salah, pandangan ini sebenarnya terlalu menyederhanakan hakikat menulis. Ketika saya menuliskan gagasan tentang esensi scribo (menulis) yang setara dengan esensi cogito(berpikir) ke dalam esai ini, saya harus menggali, mengingat, mengumpulkan, mengorganisasikan, menyeleksi, menghubungkan dan mengevaluasi berbagai informasi di dalam pikiran saya, yang kemudian saya kreasikan menjadi tulisan ini. Semua aktivitas tersebut berlangsung di dalam pikiran saya, dan semuanya adalah aktivitas berpikir (bukan sebuah kebetulan semua aktivitas berpkir itu senada dengan taksonomi Bloom). Terbukti, bukan, bahwa menulis adalah proses berpikir?

Jika menulis adalah berpikir, bagaimana dengan manusia purba yang belum memiliki budaya baca-tulis? Apakah mereka tidak pernah berpikir? … (untuk melanjutkan membaca, silahkan klik di sini). …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s