Translation 1 Lesson Plan


 

Translation 1 Lesson Plan

A. IDENTITAS MATA KULIAH

Program Studi           : Pendidikan Bahasa Inggris

Nama Mata Kuliah     : Trnaslation 1

Kode Mata Kuliah      : ……

Semester                 : V/Ganjil

Bobot SKS                : 2 SKS

MK Prasyarat            : Structure 1-IV, Language Skills

Dosen Pengampu      : Parlindungan Pardede, M.Hum.

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN YANG DIBEBANKAN KEPADA MATAKULIAH

1. UNSUR SIKAP

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Memiliki budi pekerti yang berlandaskan nilai-nilai kristiani: rendah hati, berbagi dan peduli, disiplin, professional dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan.

 

2. UNSUR KETERAMPILAN UMUM

  • 1 – 9 Permendikbud No. 49 Tahun 2014 SNPT
  • Mampu mengungkapkan ide, opini, dan simpulan yang diperoleh dari berbagai sumber ke dalam karya ilmiah untuk menunjang dan mengembangkan kegiatan belajar dan pembelajaran bahasa Inggris.
  • Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media atau sumber pembelajaran, mendukung proses dan pengembangan pembelajaran bahasa Inggris.
  • Mampu mengkaji masalah-masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris atau implementasi ilmu pendidikan bahasa Inggris berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dan menyajikan gagasan atau desain pembelajaran yang lebih baik, dan/atau solusi terhadap masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan mampu menyajikan hasil kajian dalam bentuk laporan tertulis atau karya ilmiah (skripsi).
  • Mampu menjalin kerjasama yang baik dengan kolega, pembimbing, dan atasan dalam pelaksanaan pembelajaran dan/atau pengajaran yang dipercayakan di dalam maupun di luar institusi.
  • Mampu melakukan evaluasi dan pembelajaran mandiri dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris.
  • Adaptif terhadap perbedaan budaya dan menunjukkan respons yang positif terhadap perbedaan tersebut dalam menunjang keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pendidikan khususnya bahasa Inggris.
  • Mampu menghasilkan solusi alternatif dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah dalam pendikan bahasa Inggris melalui identifikasi, analisis, dan deskripsi data
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengolah, menganalisis, mendokumentasikan, mengamankan dan menemukan kembali data dan hasil kajian ilmiah dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris.

 

3. UNSUR KETERAMPILAN KHUSUS

  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar penerjemahan (hakikat, unsur-unsur, proses, metode, dan prosedur penerjemahan) dalam mengalihkan teks Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia

 

4. UNSUR PENGETAHUAN

  • Menguasai konsep-konsep utama (hakikat, proses, metode dan prosedur) penerjemahan

 

To get the complete lesson plan, click here

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s